UPTP Maros Sosialisasi Pajak di Mandai

MAROS— Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Maros melakukan sosialisasi pajak daerah Kamis (29/11/2018) di Hotel Grand Town Mandai.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pendapatan Bapenda Provinsi Sulsel H Reza Faizal Saleh M.Si.

Sosialisasi ini menghadirkan nara sumber dari kepolisian yakni Pamin III Samsat Maros Ipda Andi Yusuf Sulaiman, Kanit Registrasi dan identifikasi SIM Polres Maros Iptu Luan S.Sos, Jasa Raharja, dan Reza.

Sosialisasi yang diikuti sekitar 100 orang dari berbagai elemen masyarakat seperti tokoh pemuda, LSM, OKP, unsur pemerintah, dan swasta se-Kabupaten Maros.

Ketua panitia pelaksana kegiatan yang juga Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU) Samsat Maros Rahmatiah S.Sos M.Si menyampaikan, sosialisasi pajak daerah ini digelar ini mengacu pada Keputusan Kapala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulsel Nomor 021/1/ tahun 2018 tentang Pemebentukan panitia pelaksana teknis pendapatan wilayah Maros.

“Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penjelasan kepada masyarakat tentang arti penting dan manfaat pajak daerah. Untuk melakukan sosialisasi terhadap produk layanan unggulan Samsat serta berbagai bentuk kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan wilayah Kabupaten Maros,” jelasnya.

Kabid Perencanaan Bapenda Pemprov mengatakan, sosialisi yang digelar ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada wajib pajak tentang pentingnya pajak.

“Masyarakat perlu memahami secara benar mengenai pajak kendaraan bermotor dan jenis pajak lainnya yang dikelola provinsi maupun yang dikelola Pemkab Maros,” jelas Reza.

Untuk itu, lanjut Reza, peserta sosialisasi diharapkan dapat menjadi media informasi dan perpanjangan tangan kepada wajib pajak lainya agar disiplin dan tepat waktu membayar pajak kendaraanya.

Pajak kendaraan yang dibayarkan setiap tahun tidak saja dipakai oleh pemerintah provinsi tetapi juga dimanfaatkan untuk membangun Maros. ”Pajak yang Anda bayar ke samsat juga digunakan untuk membangun Maros,” jelas Reza.

Kepala UPT Pendapatan  Wilayah Maros  Hj Zainab menambahkan, sosialisasi ini diharapkan dipahami oleh seluruh masyarakat Maros sehingga mereka tidak lagi menunggak pajak.

Sosialisasi ini digelar beberapa kali, katanya, dengan menghadirkan peserta yang berbeda dari berbagai kecamatan di yang berbeda.

Hal ini dilakukan agar masyarakat Maros mengerti dan memahami pajak yang ditangani samsat.(*)