Samsat Wajo Sosialisasikan Pajak Kendaraan pada Kades dan Kadus

SULSELONLINE.COM, WAJO – Unit Pendapatan Wilayah Wajo menggelar sosialisasi pajak kendaraan di Kantor Kecamatan Bola, Kamis 27 Agustus 2020.

Sosialisasi digelar agar masyarakat setempat paham dengan tugas dan kewenangan Samsat Wajo.

“Sosialisasi ini kami gelar karena masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang pentingnya dan manfaat pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat,” kata Kepala UPT Pendapatan Wilayah Wajo Hj Fitri Dwi Cahyawati, di Kantor Kecamatan Bola.

Dalam sosialisasi tersebut, Fitri mengatakan, masyarakat Kecamatan Bola bisa membayar pajak kendaraan bermotor pada samsat keliling yang hadir setiap hari Kamis di Kantor Kecamatan Bola.

Kepada para kepala desa dan kepala dusun yang hadir dalam sosialisasi tersebut, ia menjelaskan rencana akan digelarnya penertiban pajak kendaraan bermotor di Kecamatan Bola.

“Supaya tidak ditahan saat razia pajak kendaraan, kami meminta kadus dan kades menginformasikan kepada warganya agar membayar pajak kendaraan tepat waktu,” ujarnya.

Ia juga memberitahukan kepada warga Bola tentang adanya pemberian insentif berupa pembebasan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada pemilik kendaraan bermotor di Sulsel. Ini dilakukan untuk menringankan beban masyarakat yang terganggu penghasilannya selama pandemic Covid – 19.

Insenfit berupa pembebasan denda pajak ini seharusnya sudah berakahir pada 29 Juni 2020 namun diperpanjang oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah hingga 30 September 2020 berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 1574/VI/Tahun 2020.

Adapun yang dibebaskan adalah denda pajak kendaaan mulai Januari 2020 sampai dengan tanggal pembayaran, sepanjang pembayaran tersebut belum lewat dari tanggal 30 September 2020.

Selain Fitri, sosialisasi tersebut juga menampilkan pemateri lainnya yakni Kanit Regident Samsat Wajo, dan Kapolsek Bola.(lim)