Razia 3 Hari Samsat Makassar Kumpulkan Pajak Rp 320 Juta

MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan atau Samsat Mappanyukki mengelar razia pajak kendaraan selama tiga hari.

Razia dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar mengesahkan surat kendaraan tepat waktu.

Razia berlangsung selama tiga hari yakni pada hari Selasa 26 Agustus 2020 di Jalan Penghibur Makassar dengan pemasukan pajak kendaraan sebesar Rp 113.015.660 dan pada hari Rabu 27 Agustus 2020 di Jalan Gunung Bawakaraeng Makassar berhasil memasukkan pajak ke kas daerah sebesar Rp 113.015.660.

Hari ketiga razia berlangsung pada Jumat 28 Agustus 2020 di Jalan Hertasning Makassar. Razia gabungan yang melibatkan Jasa Raharja, Satlantas Polrestabes Makassar, serta Pomdam XIV Hasanuddin ini memasukkan pajak kendaraan bermotor (PKB) ke kas daerah sebesar Rp 105.285.780.

Dari laporan yang diterima redaksi dari Samsat Mappanyukki, total pemasukan ke kas daerah Pemprov Sulsel selama razia tiga hari sebesar Rp 320.620.330.

Sedangkan pengendara yang ditilang selama tiga hari sebanyak 99 orang karena berbagai sebab, antara lain, tidak mengesahkan surat-surat kendaraan, tidak membawa SIM, dan pelanggaran lain seperti tidak bisa memperlihatkan SIM atau STNK saat berkendara.

Samsat Gowa Amankan 4 Motor dan Ditilang 53 Kendaraan Saat Razia Pajak

Kendaraan yang diamankan di Polrestabes Makassar selama razia tiga hari sebanyak tujuh unit sepeda motor karena tidak dilengkapi dengan surat-surat resmi kepemilikan kendaraan.

Saat razia, petugas dari Samsat Mappanyukki menyiapkan dua unit samsat keliling yang membantu wajib pajak mengesahkan surat kendaraan di tempat.

Wajib pajak yang mengesahkan STNK di tempat dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan.

Sementara wajib pajak yang tidak dapat memperlihatkan STNK yang telah disahkan diberikan peringatan agar segera melakukan pengesahan surat kendaraan.

Kepala UPT Pendapatan Wilayah Makassar I Selatab, Hj. A. Hasni Zainal S.Sos, Msi, mengatakan, razia pajak akan kendaraan akan terus dilakukan hingga akhir Desember tahun ini untuk mengingatkan masyarakat agar membayar pajak kendaraan tepat waktu.

Samsat Wajo Sosialisasi Pajak di Kantor Kecamatan Bola

“Lokasi razia berpindah-pindah yang jelas di dalam Kota Makassar,” katanya saat dimintai lokasi razia selanjutnya Senin 31 Agustus 2020.

Selain Samsat Mappanyukki, razia serupa juga digelar Samsat Sudiang, dan samsat lainnya di Sulsel hingga akhir Desember.(alim)