Alamat : Jl. Andi Pangeran Pettarani No. 1

RPG Sosialisasi Pajak Kendaraan dengan Bapenda Sulsel

MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel Rudy Pieter Goni (RPG) mengikuti sosialisasi pajak daerah yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel di Karebasse Meeting Room Grand Sayang Park Hotel Jl Manunggal Makassar, Rabu (1/11). RPG menjelaskan manfaat pajak kendaraan bagi pembangunan di Sulsel.

Menurutnya, pajak kendaraan bermotor (PKB) yang dibayar masyarakat akan dikembalikan dalam berbagai bentuk pembangunan dan pelayanan kesehatan, katanya di depan 100 lebih masyarakat Makassar yang menghadiri sosialisasi pajak yang digelar Unit Pelaksana Teknis Pendapatan (UPTP) Wilayah Makassar 1 Selatan.

Sebelum RPG, Kepala Bapenda Sulsel Drs H Tautoto TR, M.Si menyampaikan materinya berjudul Arti Penting Pajak dan Layanan Unggulan Samsat Sulsel. Menurut Toto, sapaannya, Bapenda Sulsel hanya menangani lima pajak yakni pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB), pajak air permukaan (PAP), dan pajak rokok,

“Selain lima pajak tersebut ditangani oleh bapenda kabupaten/kota,” katanya. PKB dan BBNKB dibagihasilkan pada provinsi sebesar 70 persen dan kabupaten/kota sebesar 30 persen. Pajak rokok dan BBNK dibagi hasilkan pada provinsi sebesar 30 persen dan kabupaten/kota sebesar 70 persen. Sementara PAP, provinsi dan kabupaten/kota mendapat bagian yang sama yakni 50 persen.

Toto menambahkan, Kota Makassar mendapatkan bagi hasil yang paling besar dibandingkan kabupaten/kota lainnya. Penyebabnya, antara lain, kendaraan di Makassar paling banyak disbanding daerah lainnya, konsumsi BBM warga Makassar cukup banyak, dan masih banyak lagi.

“Hingga 29 September 2017, Kota Makassar mendapatkan dana bagi hasil dari Bapenda Sulsel sebesar Rp 232.853.388.803. Makassar terbesar, daerah lain hanya dikisaran Rp 50 miliar ke bawah,” ujarnya. Jika diestimasikan untuk tahun 2018, lanjutnya, Makassar akan mendapatkan dana bagi hasil sebesar Rp 341.206.506.135,” ujarnya.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri perwakilan Bank Sulselbar yang membawakan materi mengenai pembayaran pajak kendaraan non tunai (via ATM). Hadir juga Kasi STNK Kompol Rahim. Sosialisasi pajak ini dipandu oleh Kepala UPTP Makassar I Selatan H. Harmin MM.(Tsi-Dai-Alim)

alim tsi

alim tsi