Mulai Maret Kendaraan Sulsel Bisa Bayar Pajak di Indomaret

Makassar – Mulai bulan Maret tahun 2019, warga Sulsel sudah bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di gerai Indomaret yang tersebar di seluruh Sulsel.

Ini dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) agar bisa lebih dekat dengan wajib pajak yang tersebar hingga ke pelosok desa.

“Mulai bulan Maret ini, pembayaran pajak kendaraan tahunan sudah bisa dilakukan di semua Indomaret di manapun berada,” kata Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto Tanaranggina, saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Jumat (1/3/2019).

Ia berharap, dengan adanya inovasi baru ini, masyarakat semakin mudah dalam membayar PKB, tak perlu lagi ke samsat induk atau ke samsat keliling yang jauh dari jangkauannya.

“Kami mohon doa restu pada seluruh masyarakat Sulsel, semoga inovasi pembayaran pajak di Indomaret ini dapat memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraanya,” tambah Tautoto.

Dengan adanya inovasi baru dari Bapenda Sulsel ini, Tautoto berharap dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Sulsel.

“Tidak ada lagi alasan tidak membayar pajak karena samsat jauh. Sekarang sudah bisa membayar pajak di Indomaret yang tersebar hingga ke daerah terpencil,” ujarnya.

Setelah membayar PKB di Indomaret, wajib pajak akan mendapatkan struk atau bukti bayar yang dapat diperlihatkan ke semua samsat di Sulsel untuk mendapatkan stempel pada STNK wajib pajak paling lambat dua minggu setelah membayar.

Ke depan kata dia, Bapenda juga akan berusaha membangun kerjasama agar bisa membayar pajak kendaraan di Alfamidi, Alfamart, Tokopedia, dan toko online lainnya.(*)