Bapenda Sulsel Kumpulkan 44 Kantong Darah

Makassar – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel kembali melakukan aksi sosial dengan menggelar donor darah, Jumat (15/3), di Aula Bapenda Sulsel yang bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Hingga selesainya waktu donor darah, petugas dari UPTD Transfusi Darah berhasil mengumpulkan 44 kantong darah yang berasal dari pegawai Bapenda Sulsel.

“Kami melakukan donor darah sekitar tiga jam, darah yang terkumpul sebanyak 44 kantong,” kata dokter pemeriksa, dr. Senja Puspita Sari Rachim Rauf, S.Ked, Jumat (15/3), di Aula Bapenda Sulsel.

Panitia pelaksana, Darmayani Mansyur mengatakan, donor darah ini rutin dibuat Bapenda Sulsel untuk membantu sesama warga yang membutuhkan darah.

“Terakhir kita buat donor darah pada 1 Oktober 2018 lalu untuk membantu korban gempa dan tsunami di Donggala-Palu. Sekarang kita gelar lagi dan rencanya kita akan kembali menggelar tiga bulan ke depan,” ujar Kepala Bidang PAD Bapenda Sulsel ini.

Senja menambahkan, pihaknya hanya membatasi waktu donor selama tiga jam karena khawatir darah yang telah disumbangkan akan rusak jika disimpan lama tanpa diolah terlebih dulu.

“Darah ini harus diolah secepatnya, karena khawatir darah dari pendonor akan rusak. Karenanya kami hanya membatasi waktu donor selama tiga jam saja,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terimakasihnya kepada Bapenda Sulsel yang aktif sebagai pendonor di UPTD Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Senja juga mengundang instansi lain untuk menggelar donor darah bersama UPTD Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

“Rata-rata setiap hari kami membutuhkan sekitar 100 kantong darah namun yang mendonor di bawah jumlah tersebut,  karenanya kami mengajak masyarakat Sulsel untuk aktif menggelar donor darah,” ujarnya.(*)