Peserta Diklatpim Sulsel Belajar di Bapenda Sulsel

Makassar – Sebanyak 30 orang peserta Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel melakukan kunjungan ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Selasa (9/4).

Mereka berasal dari Pemkot Parepare dan DPRD Sulsel yang mengikuti diklat di BPSDM Sulsel mulai 18 Maret sampai 6 Juli 2019.

Peserta diklat didampingi pemateri Dra Hasriana Hasyim MM dan Kasubdit Diklat Kepemipinan BPSDM Andi Fajar Bitara. Hasriana mengatakan, peserta diklat sedang mengikuti materi berpikir kreatif.

Ia memilih mengunjungi bapenda karena tahu instansi ini mempunyai banyak inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap peserta semakin kreatif usai mendengarkan pemaparan di bapenda.

“Kami mengunjungi bapenda untuk mengetahui sejumlah inovasi bapenda. Kami tahu di sini banyak orang kreatif,” ujarnya.

Rombongan tersebut diterima Sekretaris Bapenda Kemal Redindo Syahrul Putra didampigi Kepala Bidang (Kabid) Teknologi dan Sistem Informasi (TSI) Adhita Sandhya Dharma, Kabid Pendapatan Asli Daerah (PAD) Darmayani Mansyur, Kabid Pembinaan dan Pengawasan  Masbit Taufiek SE, dan pejabat lainnya.

Kemal mengatakan, ia juga pernah mengikuti diklatpim IV dan membuat proyek perubahan yang dipakai hingga saat ini di bapenda. Inovasinya antara lain aplikasi sistem pajak daerah (sipada) dan SMS broadcast pada pelanggan samsat.(*)