Cegah Penyebaran Corona, Samsat Sinjai Potong Jam Pelayanan

SINJAI – Untuk memutus rantai penularan virus corona, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sinjai mempersingkat jam pelayanan.

Ini dilakukan sesuai surat edaran Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel yang mengharapkan tetap ada pelayanan namun meminimalkan resiko tertular virus corona (Covid-19).

Kepala UPT Samsat Sinjai Hj. Nursinah saat ditemui, Senin (23/3/20) mengatakan bahwa dalam surat edaran tersebut dihimbau seluruh UPT Samsat untuk mempersingkat jam pelayanan pajak termasuk layanan unggulan yakni Kedai Samsat, Samsat keliling dan Gerai Samsat.

“Jam operasional Samsat stasioner atau Samsat induk kini mulai pukul 08.30 sampai pukul 15.00 wita. Biasanya Samsat dibuka mulai pukul 08.00-16.30 wita, ketentuan ini berlaku mulai hari ini tanggal 23 maret hingga 3 April 2020,” ungkapnya.

Ini dilakukan agar petugas Samsat memiliki waktu istirahat lebih banyak dan mengurangi interaksi dengan orang lain mengingat saat ini sudah ada pasien terpapar corona di Sulsel.

Lebih lanjut Nursinah mengatakan bahwa untuk penagihan door to door dan penertiban kendaraan di jalan untuk sementara juga dihentikan.

“Untuk meminimalisir bertumpuknya masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak di Kantor Samsat, kami membuka pelayanan di Kedai Samsat jalan Persatuan Raya dan Gerai Samsat di Manipi pada pukul 09-12.00 wita, ” katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Pelayanan UPT Samsat Sinjai Malik Karim mengatakan bahwa untuk mengantisipasi penularan virus ini dalam memberikan pelayanan di Kantor Samsat, setiap wajib pajak diwajibkan untuk membersihkan tangan dengan hand sanitezer sebelum menuju loket pelayanan.

“Bukan hanya wajib pajak tetapi petugas pelayanan juga wajub menggunakan masker serta memakai sarung tangan dalam memberikan pelayanan, ” tambahnya.(*)