Alamat : Jl. Andi Pangeran Pettarani No. 1

Pengesahan STNK di Samsat Mappanyukki Maksimal 15 Menit

MAKASSAR– Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Wilayah Makassar I menyusun standar pelayanan dengan melibatkan sejumlah lapisan masyarakat yang merupakan wajib pajak.

Diharapkan standar pelayanan ini dapat menjadi acuan dalam memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat.

Demikian dikatakan Kepala UPT Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan, Hj. A. Hasni Zainal S.Sos, Msi, saat memimpin rapat koordinasi pelibatan masyarakat dalam penyusunan Standar pelayanan pada Kantor Samsat Makassar I, Kamis (6/8) di ruang rapat Kantor Samsat Makassar I.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini, kami telah menetapkan prosedur pelayanan kepada wajib pajak yang disusun bersama tiga instansi yakni Jasa Raharja, pihak kepolisian dan Bapenda Sulsel,” kata Andi Hasni Zainal.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan dan Penetapan UPT Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan, Makmur Majid, menjelaskan dalam pelayanan bersama (Ditlantas Polda Sulsel, Bapenda Sulsel dan PT. Jasa Raharja), memiliki lima jenis produk layanan sesuai dengan standar pelayanan publik.

Inilah standar waktu pelayanan yang telah dibuat, antara lain :

1. Pendaftaran kendaraan bermotor baru harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan pelayanan maksimal 60 menit.

2. Pelayanan perpanjangan pajak dan duplikat STNK memakan waktu maksimal 60 menit.

3. Pelayanan pengesahan STNK jangka waktu penyelesaian berkas maksimal 15 menit.

4. Pelayanan mutasi (BBNKB II dan pindah/mutasi keluar) waktu penyelesaiannya 2×24 jam atau selama dua hari.

5.  Pada pelayanan persyaratan khusus juga sama dengan pelayanan lain.

Semuapelayanan tersebut dijalankan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan Gugus Tugas Pemrpov Sulsel serta mengambil nomor antre sebelum melakukan pembayaran di loket.(*)

alim tsi

alim tsi