Bapenda Sulsel Latih Pengelola Keuangan

MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar peningkatan kapasitas aparat pengelola keuangan lingkup Bapenda Sulsel Selasa 24 November 2020.

Kegiatan yang digelar di Hotel Claro Makassar ini diikuti pengelola keuangan, tata usaha, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendapatan (UPTP) Wilayah Bapenda Sulsel.

Acara ini menghadirkan pemateri terkait pengelolaan keuangan yakni Surahmanto dari Inspektorat Provinsi Sulsel.

Dalam materinya ia meminta pengelola keuangan menyiapkan segala pertanggungjawaban administrasi dalam setiap kegiatan.

Misalnya pada pertanggungjawaban makan dan minum pada kegiatan rapat, ia meminta agar ikut dilampirkan absen peserta, buku tamu, notulen rapat, foto kegiatan, dan nota pemesanan makanan.

Materi lainnya dibawakan oleh Wahid Ikhsan dari BPK RI Perwakilan Sulsel yang membawakan materi tentang pengelolaan keuangan daerah pada Bapenda Sulsel.

Wahid banyak mendapatkan pertanyaan tentang pajak kendaraan alat berat, apakah bisa dipungut atau tidak oleh UPT pasca putusan MK.

Acara ini dbuka oleh Kepala Bapenda Sulsel Andi Sumardi Sulaiman. Ia meminta kegiatan ini diikuti dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi pengetahuan baru bagi pengelola keuangan di Bapenda Sulsel.(alm)