Bapenda Sulsel Paparkan Inovasi ke Bapenda Papua

Kepala Bidang Teknologi dan Sistem Informasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel, H. Adhita Sandhya Dharma AP, M.Si, memaparkan 14 layanan unggulan yang telah digunakan di samsat se-Sulsel.

MAKASSAR – Kepala Bidang Teknologi dan Sistem Informasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel, H. Adhita Sandhya Dharma AP, M.Si, memaparkan 14 layanan unggulan yang telah digunakan di samsat se-Sulsel.

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Kesamsatan Provinsi Papua Rabu 24 Februari 2021 di Makassar. Ia berharap materi tersebut dapat menginspirasi Bapenda Papua agar dapat meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak sekaligus mendongkrak pendapatan Provinsi Papua.

Menurutnya, dengan adanya inovasi layanan pembayaran pajak, masyarakat dapat memilih melakukan pembayaran pajak khususnya pada saat pandemic Covid-19.

“Layanan unggulan seperti mobile banking dan layanan digital lainnya mempunyai banyak peminat khususnya pada masa pandemic ini. Mau tidak mau kita harus membuat layanan pembayaran digital untuk mengikuti perkembangan zaman,” katanya.

Layanan unggulan tersebut antara lain pembayaran pajak melalui Samsat Lorongta, Samsat Keliling, Kedai Samsat, mobile banking, ATM, Sipada, drive thru, dan masih banyak lagi.

“Jangan pakai gaya lama, harus cepat, pelayanan prima, mudah, dan cepat. Insyaallah pendapatan daerah akan meningkat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Rakor kesamsatan ini digelar Bapenda Papua di Makassar diikuti 17 kepala UPT dan pihak kepolisian. Juga dihadiri  Direktur Pendapatan Daerah Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri Hendrawan, Kepala Bapenda Papua, Bank Papua, Jasa Raharja Papua, dan mitra Bapenda Papua.

Sejumlah pemateri lainnya juga hadir membawakan materi antara lain Wakil Direktur (Wadir) Lalu Lintas Polda Sulsel AKBPSoliyah,Si.K  yang membawakan materi tentang Electronic Registration and Identification (ERI) dan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diterapkan di Makassar beberapa waktu ke depan.(alim)