Badan Keuangan Gorontalo Pelajari Cara Bapenda Sulsel Kumpulkan Pajak

MAKASSAR – Kepala Badan Keuangan Provinsi (BKP) Gorontalo Danial Ibrahim dan puluhan koordinator samsat Gorontalo dan staf berkunjung ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis 25 November 2021.

Rombongan diterima Sekretaris Bapenda Sulsel Andi Winarno Ekaputra didampingi Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Darmayani Mansyur dan sejumlah pejabat eseleon III dan IV di ruang rapat Sekretariat Bapenda Sulsel.

Dalam kunjungan tersebut mantan Plt BKP Gorontalo ini mengaku kagum dengan berbagai inovasi yang dilakukan Bapenda Sulsel untuk memungut pajak daerah.

Antara lain dengan inovasi Samsat Lorong dan Sipijar atau Sistem pembayaran pajak kendaraan dengan cara mengangsur di Bank Sulsel.

Dalam pertemuan itu Danial Ibrahim juga akan mencontoh Bapenda Sulsel yang memberlakukan masa kadaluarsa pajak yakni hanya membayar lima tahun plus tahun berjalan jika tunggakan kendaraan lebih dari enam tahun.

“Di tempat kami, ada yang menunggak hingga 10 tahun lebih. Ternyata di sini maksimal hanya lima tahun plus tahun berjalan. Kita akan mengikuti Sulsel nantinya,” ujar Danial.

Pertemuan itu juga dihadiri Kepala UPT Makassar I Selatan dan Kepala UPT Makassar II Utara.(alim)